Berita Terkini

Tips Sehat di Musim Penghujan

BACA LEBIH LANJUT

Tips Sehat di Musim Penghujan

Akhir-akhir ini hujan deras mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia. Biasanya hujan mulai pada sore hari pada saat jam pulang kerja ketika banyak orang sedang beraktivitas diluar ruangan. Tentu saja kondisi tersebut akan sangat berdampak pada kesehatan dan mungkin akan jatuh sakit jika kondisi tubuh sedang tidak fit atau kelelahan. Terlebih dimasa pandemik seperti ini dimana virus corona membayangi setiap aktivitas, maka sangat diperlukan untuk menjaga imun tubuh agar daya tahan tubuh tetap prima dan tidak menurun.

Terserang batuk dan flu bisannya menjadi penyakti yang sering muncul pada saat musim hujan seperti ini. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Yale University menyatakan bahwa penurunan suhu meskipun hanya sedikit dapat membuat virus penyebab flu berkembang biak lebih cepat. Selain itu, udara dingin juga memicu perubahan pada sistem imun. Molekul yang berfungsi untuk mendeteksi virus di dalam sel dan memberi perintah pada sel untuk melawan virus menjadi kurang sensitif pada saat suhu dingin. Udara dingin juga dapat menghambat kerja protein khusus dalam tubuh yang berfungsi untuk mematikan gen yang berasal dari virus, menghambat penyebaran virus dan membunuh sel yang sudah terinfeksi virus.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk tetap sehat di musim penghujan seperti saat ini.

1. Tetap Berolahraga

Terkadang karena cuaca hujan dan tidak memungkinkan keluar rumah bisa menghambat anda untuk tetap berolahraga. Padahal, olahraga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, yang perlu anda lakukan adalah menyesuaikan jenis olahraga apa yang akan anda lakukan. Jika tidak memungkinkan untuk berolahraga keluar, anda bisa melakukannya push up, sit up, plank, atau jika memiliki ruangan yang cukup luas anda bisa melakukan senam. Olahraga sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

2. Istirahat yang cukup

Tubuh memiliki batasan dalam melakukan aktivitasnnya, maka dengan demikian mengistirahatkan tubuh sangat penting agar tubuh bisa kembali fit dan bisa tetap beraktivitas. Cobalah mengatur waktu tidur lebih teratur dan hindari melakukan kegiatan yang akan mengganggu tidur anda seperti bermain ponsel pada jam-jam istirahat.

3. Penuhi asupan makanan dan minuman

Makanan adalah sumber nutrisi dan energi bagi tubuh. Ketika anda telat makan, tidak sarapan, atau asupan makanan kedalah tubuh kurang, maka tubuh akan kekurangan sumber nutrisi dan energi. kecukupan nutrisi juga sangat penting agar daya tahan tubuh tetap terjaga sehingga tidak mudah terserang penyakit.

4. Berteduh

Jika anda sedang keluar rumah, atau sedang berkendara motor atau sepeda dan tiba-tiba turun hujan, maka berhenti, menepi, dan berteduhlah. Usahakan untuk tidak kehujanan dan menunggu hujan reda sebelum melanjutkan perjalanan. Jika terpaksa harus kehujanan dan tidak bisa menepi, maka kenakanlah jas hujan yang cukup tebal.

5. Minum Suplemen

Untuk memperkuat daya tahan tubuh, anda juga bisa mengkomsumsi suplemen seperti vitamin C atau meminum jamu tradisional agar tubuh tetap fit dan memperkuat imum tubuh (TA).

Foto : People photo created by jcomp - www.freepik.com

BACA LEBIH LANJUT

Penyakit yang Sering Mucul di Musim Penghujan

Musim hujan telah tiba, akhir-akhir ini hampir semua wilayah Indonesia dilanda hujan baik yang intensitasnnya sedang maupun lebat. Hujan terkadang bisa membuat kita malas, sehingga lebih enak untuk bermalas-malasan dari pada berolahraga. Terkadang juga kita suka mengabaikan kondisi tubuh dengan berhujan-hujanan jika beraktivitas di luar ruangan. Padahal, hal tersebut tentu saja berpengaruh tidak baik terhadap kesehatan dan bisa menurunkan daya tahan tubuh.

Memang terserang penyakit kadang tidak mengenal musim, baik musim hujan atau musim kemarau. Namun terkadang ada beberapa penyakit yang biasannya lebih banyak diderita ketika musim hujan. Berikut adalah beberapa penyakit yang sering muncul ketika memasuki musim penghujan.

1. Influenza

Walaupun penyakit influenza merupakan penyakit yang tidak mengenal musim, tetapi tetap saja influenza adalah penyakit yang paling sering muncul ketika memasuki musim penghujan. Kemungkinan pada saat musim hujan, daya tahan tubuh berkurang, sehingga tubuh lebih mudah terinfeksi dan lebih mudah sakit.  Virus penyebab penyakit flu ini dapat dengan mudah menyebar melalui udara atau air ludah. Virus penyebab penyakit ini pun dapat dengan mudah bermutasi setiap waktu, sehingga sistem imunitas tubuh sulit mendeteksi virus yang satu ini. Ini karena sulitnya sistem inum tubuh mendeteksi virus influenza ini, maka tubuh cenderung lebih mudah terkena flu.

2. Diare

Diare juga menjadi penyakit yang sering muncul saat musim hujan tiba. Hal ini bisa dikarenakan kondisi sanitasi yang kurang baik ditambah dengan genangan air akibat hujan menjadikan lebih rentan terkena diare.

3. Tifus

Sama halnya dengan diare, sanitasi yang tidak baik juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit tifus. Penyakit ini menyebar dari makanan yang terkontaminasi bakteri patogen yang tidak sengaja masuk kedalam tubuh. Pada musim hujan juga biasannya daya tahan tubuh berkurang, sehingga lebih rentan terkena penyakit ini

4. Malaria dan Demam Berdarah Dengue

Kedua penyakit ini sama-sama ditularkan dari nyamuk. Kondisi saat hujan biasannya banyak menyebabkan genangan sehingga menyebabkan nyamuk lebih mudah berkembak biak (TA).

Foto : Woman photo created by diana.grytsku - www.freepik.com

BACA LEBIH LANJUT

Manfaat Lari Pagi

Apakah anda termasuk orang yang suka tidur untuk kemudian bangun siang dan melewatkan segarnya udara pagi? Atau anda termasuk orang yang lebih suka tiduran atau memainkan ponsel anda sebelum mandi kemudian berangkat bekerja? Jika jawaban anda adalah Ya, maka dapat dipastikan bahwa anda mengalami kerugian karena melewatkan pagi anda dengan sia-sia. Banyak hal yang bisa dilakukan dari mulai anda bangun tidur hingga anda bekerja atau beraktivitas, salah satunya adalah lari pagi.

Lari pagi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan tidak memerlukan biaya yang mahal untuk melakukannya. Cukup berbekal sepatu olahraga dan pakaian yang nyaman, anda sudah dapat melakukan aktivitas lari pagi. Anda bisa memanfaatkan jalanan di komplek perumahan, keliling jalanan kampung, atau pergi ke taman terdekat, atau jika sedang weekend anda bisa pergi ke komplek olahraga atau memanfaatkan momen car free day yang biasa diadakan di daerah masing-masing. Melakukan lari pagi sangat mudah dan murah, cukup berbekal kemauan untuk meninggalkan kemalasan anda di tempat tidur.

Melakukan lari pagi memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh jika anda melakukan lari pagi.

1. Menyehatkan Jantung

Lari pagi tidak hanya olahraga otot, tetapi juga olahraga jantung, dimana darah akan lebih cepat di pompa ke Jantung sehingga bisa menormalkan tekanan darah dan kolesterol. Dengan rutin melakukan olahraga lari pagi, Jantung juga akan lebih terlatih untuk bekerja dengan baik sehingga statusnnya juga lebih baik dari pada jantung yang tidak terlatih. Lari pagi juga menurunkan resiko penyakit jantung seperti Jantung koroner atau stroke.

2. Menyehatkan Paru-Paru

Biasannya kualitas udara pada pagi hari lebih bersih dan lebih kaya oksigen jika dibandingkan dengan siang hari atau sore hari, sehingga sangat baik ketika terhirup. Ketika kita beraktivitas lari pagi, secara otomatis kita juga akan mendapatkan udara dengan kualitas yang terbaik. Terlebih ketika berlari dimana nafas yang semakin cepat, maka asupan oksigen ke pru-paru juga lebih banyak, sehingga paru-paru lebih sehat.

3. Menyehatkan Otot

Ketika otot-otot kaki digunakan untuk lari pagi, maka dia akan beradaptasi, membentuk massa yang lebih padat, lebih banyak cadangan energinya, dan tentu saja menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Namun ketika rutinitas lari pagi tidak dilanjutkan, maka otot akan kembali seperti semula. Pada otot-otot yang kuat, juga akan lebih tahan dari kemungkinan sakit otot akibat berjalan jauh atau mengangkat beban.

4. Memperkuat Tulang

Sama seperti otot, tulang juga semakin dilatih maka akan semakin kuat. Berlari pada pagi hari juga memungkinkan kita untuk menyerap vitamin D yang sangat baik untuk membuat tulang lebih sehat dan kokoh.

5. Menurunkan Resiko Diabetes

Olahraga pagi hari dapat meningkatkan sensitifitas sel terhadap insulin sehingga dapat menjaga agar gula darah tetap normal. Sebuah penelitian membuktikan, bahwa lari pagi dapar menurunkan resiko terkena diabetes.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan rutin berolahraga maka akan menigkatkan metabolisme tubuh. Kondisi ini akan memicu sel-sel pertahanan tubuh, sehingga daya tahan tubuh terhadap zat asing seperti virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh lebih kuat.

7. Melangsingkan Tubuh

Berlari atau berolah raga sangat berperan besar dalam pembakaran lemak, dengan demikian maka kelebihan lemak yang tidak digunakan akan dipecah menjadi energi. Maka dengan demikian, lari pagi juga menjadi solusi bagi yang sedang berusaha untuk menurunkan barat badannya maupun menjaga agar berat badannya lebih stabil. Bagi anda yang sedang berusaha menurunkan berat badannya, dapat juga menggunakan suplemen seperti Merit atau Merit Plus. Bagi anda yang suka minum teh, juga bisa menggunakan Merit Tea (TA).

BACA LEBIH LANJUT
Beli Sekarang
Hubungi Whatsapp